TT Ads

Ridhorahfa.com – Jika Anda berada dalam bisnis pemasaran, Anda harus memiliki rencana. Pemasaran konten adalah salah satu cara terbaik untuk menjangkau audiens dan menceritakan kisah Anda.

Pemasaran konten adalah tindakan membuat konten yang berharga dan menarik, dengan tujuan menarik, melibatkan, dan mempertahankan pelanggan Anda.

Pemasaran konten adalah tindakan membuat konten yang berharga dan menarik, dengan tujuan menarik, melibatkan, dan mempertahankan pelanggan Anda. Ini adalah teknik pemasaran yang menggunakan konten sebagai media untuk menjangkau audiens Anda.

Pemasaran konten dapat digunakan dengan berbagai cara, seperti:

  • Building trust with your audience

  • Building relationships with your audience

  • Attracting new customers to a product or service you offer (i.e., generating traffic)

  • Retaining customers for life

Langkah pertama, bahkan sebelum Anda mulai membuat konten, adalah memastikan bahwa Anda memiliki tujuan yang jelas dan apa yang ingin dicapai oleh konten Anda.

Langkah pertama, bahkan sebelum Anda mulai membuat konten, adalah memastikan bahwa Anda memiliki tujuan yang jelas dan apa yang ingin dicapai oleh konten Anda..

Ini bisa sesederhana mengetahui siapa audiens Anda dan berapa banyak orang di audiens itu. Ini mungkin juga termasuk mengetahui tujuan apa yang dimiliki atau dimiliki orang-orang tersebut yang dapat dipenuhi melalui konten. Sasaran akhir akan berbeda untuk setiap bisnis dan organisasi – tetapi jika tidak ada sasaran yang ditentukan, sulit untuk mengatakan apakah konten tersebut berhasil atau tidak! Jadi pastikan Anda jelas tentang apa yang akan dicapai konten Anda sebelum membuatnya!

BACA JUGA:   Jelaskan Manfaat Promosi Menggunakan Website: Strategi Efektif untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Setelah hal-hal ini ditentukan, maka kita dapat beralih ke membangun situs web atau posting blog baru kita, dll!

Setelah Anda memiliki daftar topik potensial, saatnya untuk melakukan brainstorming.

Setelah Anda memiliki daftar topik potensial, saatnya untuk melakukan brainstorming. Brainstorming adalah cara yang baik untuk memulai. Itu bisa dilakukan sendiri atau berkelompok, dengan atau tanpa alat bantu visual dan alat peraga seperti catatan tempel, tetapi bagian terbaik dari brainstorming adalah tidak ada jawaban yang salah! Satu-satunya tujuan di sini adalah agar setiap orang yang terlibat menghasilkan ide sampai mereka kehabisan tenaga (dan kolega mereka) dari semua opsi yang memungkinkan.

Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi topik yang ingin Anda sertakan dalam posting blog Anda dan konten lainnya berdasarkan apa yang telah dibahas selama proses ini—namun itu tidak berarti Anda sudah selesai! Sekali lagi, manfaatkan kesempatan ini: karena kita sudah tahu siapa audiens kita sekarang berkat langkah kita sebelumnya dalam menentukan poin rasa sakit/masalah/kebutuhan target audiens kita, dll., mengapa tidak mencoba melakukan riset tentang mereka?

Baik itu kata-kata untuk blog atau judul untuk video, mendapatkan judul yang tepat adalah salah satu langkah terpenting dalam proses Anda.

Baik itu kata-kata untuk blog atau judul untuk video, mendapatkan judul yang tepat adalah salah satu langkah terpenting dalam proses Anda. Hal pertama yang akan dilihat orang adalah tajuk utama Anda dan apa yang dikatakannya tentang konten Anda akan memberi kesan kuat pada mereka. Pemirsa Anda mungkin menelusuri ratusan tajuk utama, jadi pastikan tajuk utama Anda menonjol sebagai sesuatu yang relevan dengan apa yang mereka cari di umpan mereka.

BACA JUGA:   Membuat Strategi Media Sosial Anda Sendiri untuk Mempromosikan Produk Anda

Pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak karakter per baris karena hal ini dapat membuat pembaca kewalahan yang mungkin merasa harus menggulir terlalu banyak informasi sebelum benar-benar membaca sesuatu yang berharga!

Dalam hal mengembangkan konten, ada begitu banyak pendekatan berbeda yang dapat diambil pemasar.

Dalam hal mengembangkan konten, ada begitu banyak pendekatan berbeda yang dapat diambil pemasar. Konten dapat bermanfaat, menghibur, dan mendidik. Itu juga bisa menjadi inspirasi, instruksional atau inspirasi. Itu dapat memberi tahu Anda tentang sesuatu atau memotivasi Anda untuk bertindak dengan cara tertentu. Dengan kata lain: ketika mengembangkan konten untuk bisnis Anda, tidak ada batasan untuk apa yang dapat Anda lakukan!

Salah satu aspek terbesar dalam membuat konten hebat adalah memahami audiens Anda.

Salah satu aspek terbesar dalam membuat konten hebat adalah memahami audiens Anda. Meskipun Anda harus selalu meneliti dan mempelajari tentang audiens Anda, berikut adalah beberapa pertanyaan kunci untuk ditanyakan pada diri Anda sendiri:

  • Apa kebutuhan mereka?
  • Apa yang ingin mereka pelajari?
  • Hal-hal apa yang mereka minati untuk dibaca, ditonton, atau didengarkan?
  • Bagaimana Anda dapat memberikan solusi yang memenuhi kebutuhan mereka, menjawab pertanyaan mereka dan memecahkan masalah mereka?

Konten membutuhkan investasi dalam waktu dan usaha (dan kemungkinan uang) – jadi agar investasi ini bermanfaat, Anda harus yakin bahwa Anda menghasilkan sesuatu yang akan berharga bagi audiens target Anda.

Pemasaran konten adalah contoh yang baik tentang bagaimana Anda dapat menggunakan saluran digital untuk mempromosikan produk, layanan, dan merek Anda.

Namun, agar berhasil dalam pemasaran konten, Anda harus memiliki pemahaman tentang apa yang diinginkan audiens yang ingin Anda jangkau dari bisnis Anda. Jika mereka menginginkan sesuatu yang berbeda atau jika mereka mengharapkan sesuatu yang berbeda maka akan sulit bagi mereka untuk terlibat dengan konten Anda secara efektif.

Oleh karena itu, sebagai bagian dari proses ini, saya sarankan Anda melakukan riset pasar tentang jenis konten yang paling sesuai dengan mereka dan mengapa hal ini mungkin terjadi. Ini akan membantu menginformasikan berapa banyak waktu dan upaya yang dibutuhkan untuk membuat konten berkualitas yang telah disesuaikan secara khusus untuk kebutuhan/keinginan mereka daripada materi umum yang mungkin tidak begitu menarik bila dibandingkan dengan pesaing yang menawarkan solusi yang lebih bertarget berdasarkan mengetahui dengan tepat apa yang penting sebagian besar tentang persyaratan (dan anggaran) masing-masing pelanggan.

BACA JUGA:   Cara Mengoptimalkan Kampanye Pemasaran Perusahaan TokenMinds

Setelah Anda mengumpulkan semua elemen dan menerbitkan konten Anda, akhirnya saatnya untuk mempromosikan dan mendistribusikannya!

  • Setelah Anda mengumpulkan semua elemen dan menerbitkan konten Anda, akhirnya saatnya untuk mempromosikan dan mendistribusikannya!
  • Pastikan Anda memiliki daftar email.
  • Gunakan media sosial untuk mempromosikan konten Anda.
  • Gunakan iklan berbayar untuk mempromosikan konten Anda.
  • Gunakan influencer untuk mempromosikan konten Anda, jika relevan dengan apa yang Anda lakukan (dan jangan hanya membayar mereka, berikan mereka sesuatu yang benar-benar mereka inginkan).

Buat konten yang berharga

Membuat konten yang berharga adalah inti dari setiap kampanye pemasaran digital yang sukses. Meskipun tampaknya jelas bahwa membuat konten yang berharga bagi audiens Anda akan memberikan hasil yang lebih baik, banyak pemasar mengabaikan langkah ini. Ini tidak mengherankan karena ada begitu banyak metrik untuk diukur dan dilacak saat menjalankan kampanye pemasaran digital, tetapi penting bagi Anda untuk mengetahui dengan tepat apa yang membuat audiens Anda tergerak sebelum Anda mulai menerbitkan konten Anda.

Untuk membuat konten yang berharga, pikirkan tentang informasi apa yang mereka butuhkan dan bagaimana informasi tersebut dapat membantu mereka memecahkan masalah yang berkaitan dengan industri atau minat mereka. Jika Anda belum tahu siapa pelanggan ideal Anda, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai lebih spesifik dengan informasi ini dengan melakukan riset pasar (lebih lanjut nanti). Setelah Anda mengetahui siapa mereka dan apa yang paling mereka pedulikan dalam kehidupan di luar pekerjaan/hobi/dll., fokuslah untuk membuat konten seputar topik tersebut—pastikan setiap konten memberikan nilai dengan memberikan jawaban atau menawarkan solusi untuk setiap tantangan terkait dengan topik tersebut serta menjelaskan mengapa solusi ini penting dari sudut pandang pribadi (misalnya: “Mengapa ini penting? Karena…”). Tujuan di sini tidak selalu hanya untuk mengetik artikel “cara-cara”—tetapi juga dapat menyertakan bagian komentar seperti ulasan yang menawarkan wawasan tentang apakah sesuatu berfungsi dengan baik atau tidak, tetapi juga menjelaskan mengapa konsumen harus memercayai rekomendasi tersebut; podcast yang membahas peristiwa terkini yang relevan dalam industri tertentu; video yang menampilkan cuplikan di balik layar pada acara/konferensi/dll.; dan sebagainya.”

Kesimpulan

Hal terbaik tentang pemasaran konten adalah bahwa ini bukan hanya tentang membuat konten yang hebat – ini juga tentang mempromosikan konten tersebut. Untuk melakukan ini secara efektif, Anda harus jelas tentang tujuan Anda dan apa yang ingin dicapai oleh konten Anda. Setelah Anda memiliki daftar topik potensial, saatnya untuk melakukan brainstorming. Baik itu kata-kata untuk blog atau judul untuk video, mendapatkan judul yang tepat adalah salah satu langkah terpenting dalam proses Anda. Dalam hal mengembangkan konten, ada begitu banyak pendekatan berbeda yang dapat dilakukan pemasar – tetapi salah satu aspek terbesar adalah memahami audiens Anda.

TT Ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *